Blogger Jateng

Bea Cukai Makassar Akan Periksa Jemaah Haji yang Membawa Emas dari Arab Saudi

Jamaah pamer emas. Suamati Daeng Kanang (46) foto : kompas.com

Bea Cukai Makassar akan melakukan pemeriksaan terhadap dua jemaah haji asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang terlihat memamerkan emas setelah pulang dari Arab Saudi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk klarifikasi terkait pajak impor perhiasan yang dibawa oleh kedua jemaah haji tersebut.

Menurut laporan detikSulsel pada Sabtu (8/7/2023), kedua jemaah haji tersebut memiliki jumlah emas masing-masing sebanyak 180 gram dan 1 kilogram. Kepala Bea Cukai Makassar, Zaeni Rahman, mengungkapkan bahwa salah satu dari mereka yang akan diperiksa adalah seorang wanita bernama Suarnati Dg Kanang (46 tahun). Suarnati akan dimintai keterangan di kantor Bea Cukai Makassar pada pekan depan.

Zaeni menjelaskan bahwa pemeriksaan ini hanya akan dilakukan sebagai klarifikasi semata. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah emas tersebut telah dimiliki oleh mereka sebelumnya ataukah dibeli setelah kembali dari menjalankan ibadah haji. Tidak hanya Suarnati, seorang jemaah haji lainnya bernama Mira Hayati juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Mira juga terlihat memamerkan emas seberat 1 kilogram setelah pulang dari berhaji.

Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka menjalankan ketentuan peraturan yang berlaku terkait impor perhiasan. Bea Cukai Makassar bertanggung jawab untuk memastikan pemenuhan kewajiban pajak yang berlaku dalam hal impor barang-barang tersebut. Melalui klarifikasi ini, diharapkan dapat tercapai pemahaman yang jelas mengenai asal-usul dan kepemilikan emas yang dibawa oleh jemaah haji tersebut.

Bea Cukai Makassar berkomitmen untuk melaksanakan tugasnya dengan profesional dan menjunjung tinggi prinsip transparansi. Pemeriksaan ini bukanlah sebuah tindakan menyalahi aturan, melainkan bagian dari proses yang diperlukan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang baik antara Bea Cukai dan masyarakat dalam rangka membangun kepatuhan terhadap peraturan perpajakan. 

sumber : detiknews.com

Posting Komentar untuk " Bea Cukai Makassar Akan Periksa Jemaah Haji yang Membawa Emas dari Arab Saudi"