Blogger Jateng

Benarkah JIS tidak standar? begini kriteria standar kelayakan penyelenggaran sepakbola menurut FIFA

 

Jakarta International Stadium (Foto : Twitter @jakintstadium)

Dalam beberapa hari terakhir baik di media sosial maupun media elektronik muncul polemik JIS (Jakarta International Stadium)  dalam rangka mempersiapkan piala dunia U17 dinilai tidak memenuhi standar FIFA oleh PSSI. FIFA (Fédération Internationale de Football Association) sebagai badan pengatur sepak bola dunia memiliki standar ketat untuk stadion sepak bola. Standar ini dirancang untuk memastikan pengalaman yang optimal bagi pemain, official, dan penonton. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa aspek penting yang diatur oleh FIFA dalam stadion sepak bola.

  1. Kapasitas dan Dimensi Lapangan: Standar FIFA menetapkan kapasitas minimum stadion untuk kompetisi tingkat tertentu. Kapasitas stadion harus memadai untuk menampung penonton dan mempertahankan keseimbangan antara keamanan dan atmosfer yang mendukung. Selain itu, dimensi lapangan harus sesuai dengan standar FIFA untuk memastikan kondisi permainan yang adil dan konsisten di seluruh stadion di seluruh dunia.
  2. Kualitas Permukaan Lapangan: FIFA memiliki standar yang ketat untuk kualitas permukaan lapangan. Permukaan harus rata, halus, dan memenuhi persyaratan drainase yang baik. FIFA merekomendasikan penggunaan rumput alami, namun juga menerima rumput sintetis dengan kualitas yang tinggi untuk beberapa kompetisi.
  3. Pencahayaan: Pencahayaan yang memadai di dalam stadion sangat penting untuk memberikan visibilitas yang baik bagi pemain dan penonton. FIFA menetapkan standar minimum untuk tingkat pencahayaan dalam pertandingan, termasuk distribusi cahaya yang merata dan intensitas yang cukup.
  4. Fasilitas dan Infrastruktur: FIFA memperhatikan fasilitas dan infrastruktur di dalam stadion. Ini termasuk ruang ganti yang memadai, fasilitas medis, ruang pers, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Stadion juga harus dilengkapi dengan sistem keamanan yang efektif, termasuk pemantauan CCTV dan evakuasi darurat yang terkoordinasi.
  5. Suara dan Akustik: FIFA mengatur standar untuk akustik di dalam stadion. Sistem suara harus dirancang dengan baik untuk menyampaikan pengumuman dan musik dengan jelas tanpa distorsi. Ini membantu menciptakan atmosfer yang positif dan mendukung semangat suporter.
  6. Keamanan dan Keberlanjutan: FIFA memiliki pedoman keamanan yang ketat untuk stadion sepak bola. Ini mencakup perencanaan keamanan, pengawasan, dan tindakan pencegahan untuk menjaga keamanan semua orang yang hadir di stadion. FIFA juga mendorong stadion yang ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang efisien dan praktik keberlanjutan lainnya.

Standar FIFA untuk stadion sepak bola mencakup berbagai aspek yang menjamin pengalaman yang optimal bagi semua yang terlibat. Dari kapasitas stadion hingga kualitas lapangan, pencahayaan, fasilitas, dan keamanan, setiap elemen dirancang untuk memenuhi standar tertinggi. Dengan mematuhi standar ini, stadion sepak bola dapat menjadi tempat yang aman, menyenangkan, dan mendukung pertandingan sepak bola yang menarik bagi pemain dan penonton di seluruh dunia.

 

Posting Komentar untuk "Benarkah JIS tidak standar? begini kriteria standar kelayakan penyelenggaran sepakbola menurut FIFA"