Blogger Jateng

Mengenal peraturan offside terbaru : The Wenger Law


Arsene Wenger. (reuters.com)

Dalam beberapa waktu terakhir, nama Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal, telah menjadi sorotan di dunia sepak bola. Hal ini karena Wenger mengusulkan perubahan aturan pertandingan yang dikenal sebagai Wenger Law. Sebagai Kepala Pengembangan Global FIFA sejak 2019, Wenger telah menjadi salah satu penggerak utama perubahan dalam aturan sepak bola.

Ilustrasi offside. foto twitter :@football_tweet


Wenger Law dan Perubahan dalam Aturan Offside: Salah satu aspek utama dari Wenger Law adalah perubahan dalam aturan offside. Menurut Wenger Law, seorang pemain akan dinyatakan offside jika seluruh tubuhnya berada di depan pemain bertahan terakhir dari tim lawan. Hal ini berarti bagian tubuh seperti hidung, kaki, dan lengan yang mendahului pemain bertahan terakhir tidak lagi menjadi faktor penentu offside.

Dampak Potensial Wenger Law: Jika Wenger Law diterapkan, hal ini akan memberikan tantangan baru bagi para pemain bertahan yang menerapkan strategi high line defense. Serangan tim lawan akan lebih sulit dipertahankan, dan wasit serta asisten wasit harus lebih jeli dalam mengenali pelanggaran offside.

Dukungan dan Dampak Positif: Wenger Law telah mendapatkan dukungan luas dari komunitas sepak bola. Perubahan ini dianggap sebagai langkah positif untuk perkembangan sepak bola. Potensi terjadinya gol juga diharapkan meningkat dibandingkan dengan beberapa musim sebelumnya.

Pengaruh VAR dan Aturan Offside: Sejak diperkenalkannya teknologi VAR (Video Assistant Referee) pada tahun 2018, aturan offside telah mengalami pengetatan. Tidak ada lagi toleransi onside ketika bagian tubuh seperti kaki dan kepala pemain melewati garis pertahanan yang sudah dilewati oleh dua pemain belakang terakhir.

Wenger Law merupakan usulan perubahan aturan offside yang diajukan oleh Arsene Wenger. Jika diterapkan, perubahan ini akan memiliki dampak signifikan pada permainan sepak bola, terutama dalam hal penentuan posisi offside. Dengan dukungan luas dari komunitas sepak bola, Wenger Law menjadi langkah positif dalam perkembangan olahraga ini.

Posting Komentar untuk "Mengenal peraturan offside terbaru : The Wenger Law"